1.
Dalam
pembelajaran ini yang perlu diperhatikan adalah bagaimana siswa diajak
memecahkan suatu masalah dan menumbuhkan kreativitas , yang berkaitan dengan
pokok bahasan menggambar dan menghitung jarak dalam ruang dimensi 3 menggunakan
autograph, cabri 3D dan maple.
2.
Pembelajaran
yang efektif dalam matematika berpusat pada pembelajaran yang meningkatkan
kreatifitas siswa ,
Indikator kreatifitas:
a) Memiliki rasa ingin tahu yang besar
b) Sering mengajukan pertanyaan yang berbobot
c) Memberikan banyak gagasan dan usul terhadap
suatu masalah
d) Mampu menyatakan pendapat secara spontan dan
tidak malu-malu
e) Mempunyai / menghargai raa keindahan
f) Mempunyai pendapat sendiri dan mampu
mengungkapkannya, tidak mudah terpengaruh orang lain.
g) Memiliki rasa humor tinggi.
h) Mempunyai daya imajinasi yang kuat
i)
Mampu
mengajukan gagasan, pemikiran pemecahan masalah yang berbeda dari orang lain.
j)
Dapat
bekerja sendiri
k) Senang mencoba hal-hal baru
l)
Mampu
mengembangkan atau merinci suatu gagasan.
Kesimpulan
Berdasarkan
dari penelitian dan pembahasan yang diuraikan pada maka dapat disimpulkan
sebagai berikut.
1. Terdapat pengaruh antara kreativitas siswa dengan media Autograph,Cabri
3D dan Maple terhadap hasil belajar pada pokok bahasan menggambar dan
menghitung jarak dalam ruang siswa kelas X semester 2 SMA NASIMA Semarang..
2. Terdapat
perbedaan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menggambar dan menghitung
jarak dalam ruang terhadap siswa kelas X semester 2 SMA NASIMA Semarang dengan
menggunakan Autograph, Cabri 3D dan Maple. Perbedaan hasil
belajar menunjukkan :
a. Model pembelajaran menggunakan media Cabri 3D dalam
kemasan CD interaktif lebih efektif bila dibandingkan dengan dengan model
pembelajaran menggunakan Autograph dan Maple.
b. Model pembelajaran menggunakan Autograph dalam kemasan
CD interaktif lebih efektif bila dibandingkan dengan model menggunakan Maple.
c. Model
pembelajaran menggunakan Autograph, Cabri 3d dan Maple dalam
kemasan CD interaktif lebih efektif bila dibandingkan dengan model pembelajaran
konvensional.
dikutip dari :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar